Sejarah

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA berdiri sejak tahun 2005. Lembaga tersebut semula bernama Lembaga Penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakatan (LP3M) pada akademi keperawatan PKU Muhammadiyah Surakarta dengan nomor SK Direktur : 057/APM.SKA.PEND/III/2005, di bawah pembinaan dinas kesehatan (Pusat pendidikan tenaga kesehatan / PUSDIKNAKES), di bawah kepemimpinan Cemy Nur Fitria, Ns. lembaga tersebut beberapa kali mengalami perubahan kelembagaan dan pejabat. Beberapa produk yang dihasilkan adalah tahun 2007, terbitlah jurnal ilmiah pertama bernama PROFESI media publikasi ilmiah yang berISSN dan dimasanya kepemimpinan beliau jurnal ilmiah terbit persemester hingga terbitan terakhir pada volume 6.
Pada tahun 2010, Lembaga Penelitian dipimpin oleh Anik Enikmawati, S.Kep., Ns. Melanjutkan terbitan jurnal ilmiah PROFESI volume 7. Pada tanggal 10 bulan September tahun 2011, kepengurusan lembaga diteruskan oleh Ida Untari, SKM., M.Kes. dengan perubahan nama lembaga menjadi Lembaga Penelitian dan pengabdian masyarakat (LP2M) dan belum ada keanggotaan dalam lembaga tersebut. Kelembagaan tersebut berjalan selama 1 tahun dan menerbitkan jurnal PROFESI hingga volume 9.
Pada tahun 2008, Badan Pelaksana Harian Akademi Keperawatan PKU Muhammadiyah Surakarta membuka prodi baru yaitu Program studi DIII Kebidanan, dimana sejak dibukanya prodi bari tersebut, mempunyai kelembagaan penelitian yang terpisah dengan nama Lembaga Penelitian dan pengabdian masyarakat (LP2M) berdasarkan SK Direktur nomor 009B/ABPM.SKA.PEND/VII/2011. Lembaga tersebut diketuai oleh Tri Puspitasari, SST.

Seiring dengan perubahan status kelembagaan pendidikan tinggi, dari akademi keperawatan dan akademi kebidanan serta dibukanya program studi baru S1 ilmu gizi, melebur menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta. Pada bulan November 2012, nama kelembagaan LP2M mengalami perubahan menjadi Unit Penelitian dan Pengembangan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan nomor SK Ketua ITS nomor : 100/ITS.PKU/C.KP/2012 yang dipimpin oleh Yuli Widyastuti, S.Kep., Ns. Lembaga ini mewadahi kegiatan penelitian untuk tiga program studi tersebut. Pada masa ini mempu menerbitkan jurnal PROFESI sampai volume 10.
Pada bulan Februari 2014, terjadi restrukturisasi Pejabat LPPM ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sesuai dengan SK Ketua ITS No. 083/ITS.PKU/C.05/I/2014 tertanggal 23 Januari 2014. Kelembagaan dijabat oleh Ida Untari, SKM., M.Kes., Kepala sub bidang Lembaga Penelitian dan publikasi oleh : Dewi Pertiwi D.K., S.Gz., M.Gizi, dan Kepala Sub Bidang Pengabdian Dan PKM : Ratih Prananingrum, SST. M.KES., selain itu dibantu tenaga administrasi : Herry Siswanto, A.MD.
Perjalanan waktu, Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta mengalami perubahan kelembagaan besar dimana pada bulan April 2019, Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta berubah menjadi kelembagaan Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta sehingga perubahan hingga di tingkat paling bawah termasuk dengan perubahan di LPPM. Perubahan struktur LPPM termasuk pejabat yang ditugaskan meliputi: Ketua LPPM, Sekretaris dan tenaga Administrasi. Berdasarkan SK Rektor Nomor: 36A/ITS.PKU.00/C.05/V/2019 tentang pengangkatan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabidan Masyarakat (LPPM) ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan susunan pejabat sebagai berikut: Ketua LPPM: Ida Untari, S.K.M., M.Kes., Sekretaris: Retno Dewi Noviyanti, S.Gz., M.Si.. Dalam pelaksanaannya, LPPM dibantu pejabat Kepala Sub. Bagaian penelitian dan pengabdian: Rusiana Sri Haryanti, SST., M.PH. dan tenaga administrasi: Indah Kusumawati, S.Kom. SK berlaku sejak tanggal 21 Mei 2019 sampai dengan 31 Oktober 2020.